Strategi Pemasaran Lunch Box Jerami Gandum

Halo semuanya, hari ini saya akan menganalisis strategi pemasaran Lunch Box Jerami Gandum. Sedikit info tentang produk ini, Lunch Box Jerami Gandum adalah sebuah kotak yang terbuat dari jerami yang dibuat dengan beraneka ragam bentuk dan warna yang digunakan. Kotak ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan.

APA SIH ANALISIS SWOT ITU???

Jadi, analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. Analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (kesempatan/peluang), dan threats (ancaman).

APA TUJUAN DARI ANALISIS SWOT???

Tujuan utama analisis SWOT yaitu menemukan aspek krusial dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dialami. Keempat aspek tersebut berguna untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi kelemahan, membangun peluang lebih baik, serta menghindari ancaman yang mungkin terjadi pada masa depan.

APA SAJA MANFAAT ANALISIS SWOT???

1.       Menentukan tujuan pemasaran

2.       Menentukan strategi pemasaran digital

3.       Meningkatkan performa strategi pemasaran


      APA ITU STP???

STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting, dan Positioning. Strategi STP pada dasarnya digunakan untuk memposisikan suatu merek kepada konsumen dengan sedemikian rupa, hal tersebut dilakukan agar merek tersebut memiliki keunggulan yang kompetitif.

Bagaimana menerapkan STP Marketing yang tepat? Berikut merupakan tiga langkah dalam menerapkan STP Marketing:

1.   Segmentation

Segmentation atau biasa disebut dengan segmentasi pasar adalah membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan melakukan segmentasi pasar, kita dapat lebih mudah menjalankan promosi bisnis.

Terdapat empat jenis segmentasi pasar yang dapat diterapkan:

·         Segmentasi Demografis

Pada segmentasi ini yang perlu diperhatikan adalah umur, gender etnis, status pernikahan, pekerjaan dan lain sebagainya. Kita perlu memperhatikan segmentasi ini apakah sesuai dengan bisnis yang kita jalankan atau tidak. Fungsinya adalah agar lebih memudahkan kamu dalam menentukan calon pelanggan sebagai target pasar.

·         Segmentasi Geografis

Segmentasi pasar geografis yaitu berdasarkan negara, provinsi, kota, dan tingkat populasinya. Berdasarkan segmentasi ini, kita perlu mengetahui secara rinci tentang domisili dari target pelanggan kita. Hal ini akan memudahkan dalam mengenali budaya dan cara komunikasi calon pelanggan.

·         Segmentasi Psikografis

Segmentasi ini bertujuan agar lebih mengenal siapa target pelanggan kita secara lebih jelas, termasuk kecenderungan dan kebiasan mereka ketika melakukan kegiatan jual beli. Kita perlu mengetahui kelas sosial, gaya hidup, hobi, sampai dengan ketertarikan mereka terhadap tren tertentu.

·         Segmentasi Perilaku

Pada segmentasi ini dibagi berdasarkan kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Seperti bagaimana konsumen menggunakan produk dari tingkat loyalitasnya atau manfaatnya yang dicari.

2. Targeting

Pada tahap ini, kamu perlu menentukan mana segmen pasar terbaik bagi bisnis yang kamu jalankan. Untuk dapat menentukannya, terdapat tiga faktor yang perlu kamu pertimbangankan, yaitu:

·         Kemudahan Akses

Kita perlu memilih pasar yang dapat dengan mudah diakses bagi kita ataupun konsumen. Perhatikan hal-hal yang dapat menghambat akses ke pasar yang dijadikan tempat bisnis yang kita jalankan.

·         Profitabilitas

Hal yang perlu dilakukan adalah melihat profit dari bisnis yang telah kita jalankan. Kita perlu pastikan bahwa segmen yang ingin kita tuju memang menghasilkan profit yang besar.

·         Ukuran dan Potensi Pertumbuhannya

Kita perlu mengetahui potensi pertumbuhan pasar, bagilah pasar yang cukup besar dan hindari membagi pasar yang sudah kecil. Jangan memilih pasar yang kecil, karena akan membatasi perkembangan bisnis kita.

3.  Positioning

Positioning merupakan langkah akhir yang diterapkan dalam STP Marketing. Pada langkah ini kita menentukan bagaimana metode yang tepat dalam memposisikan produk atau merek ke dalam sasaran segmentasi yang sebelumnya sudah dibuat. Pada langkah ini kita dapat menentukan model marketing mix yang dinilai paling efektif. Lakukan pertimbangan dasar yang membuat pelanggan lebih memilih produk kita dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang sejenis.


APA ITU MARKETING MIX???

Marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran untuk bisa mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Konsep marketing mix terdiri dari empat elemen utama, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (distribusi). Seluruh elemen marketing mix yang disebut 4P ini saling berkaitan, dan jika digabungkan akan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Nah, tujuan menggunakan strategi marketing mix adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen 4P dalam pemasaran, pelaku bisnis juga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik. 

KONSEP MARKETING MIX

Saat ini konsep bauran pemasaran tidak hanya terdiri dari elemen marketing mix 4P yang dibentuk oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960.

Kini, konsepnya telah berkembang dan dikenal dengan marketing mix 7P. Elemen pemasaran 7P adalah konsep marketing mix yang sudah dimodifikasi sesuai perubahan zaman. Elemen tambahan di konsep ini adalah people, physical evidence, dan process.


ANALISIS SWOT LUNCH BOX JERAMI GANDUM

1.       STRENGTH

·        Bahan jerami gandum lebih mudah terurai

·         Produk dirancang bisa menyajikan hidangan panas maupun dingin

·         Mengurangi sampah sekali pakai

2.       WEAKNESS

·         Tidak cocok untuk hidangan berkuah (mudah tercampur dengan makanan lain)

3.       OPPORTUNITY

·         Permintaan pasar selalu ada

4.       THREATS

·         Banyak kotak makan dengan harga yang lebih murah

·        Banyak kotak makan dengan warna yang menarik dan kapasitas yang besar


STRATEGI STP LUNCH BOX JERAMI GANDUM


1.       Segmentasi

·    Segmentasi demografis dari lunch box ini menyasar calon konsumen yang berusia 7 tahun sampai 45 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Sebagai salah satu lunch box yang ramah lingkungan, produk ini memiliki harga berkisar Rp 17.000 hingga Rp 18.500 (tergantung pada kapasitas lunch box).

·   Segmentasi geografis dari produk ini menyasar ke masyarakat yang hidup di wilayah  perkotaan.

·    Segmentasi psikografis produk ini ditargetkan kepada mereka yang sering membawa bekal dari rumah.

·   Segementasi perilaku produk ini ditargetkan kepada orang yang ingin menghemat pengeluaran (membawa bekal dari rumah untuk makan siang).

 

2.       Targeting

·      Anak sekolahan

·      Pekerja kantoran

 

3.       Positioning

·  Memposisikan lunch box jerami gandum sebagai sumber produk ramah lingkungan yang mudah terurai


MARKETING MIX LUNCH BOX JERAMI GANDUM

1. Product (Produk)


Produk yang dijual adalah Lunch Box Jerami Gandum. Dengan hadirnya lunch box ini, diharapkan dapat turut melestarikan lingkungan dengan produk yang mudah terurai.

2. Place (Tempat)

Produk ini dijual di SMK Maitreyawira Batam (Toko BDP lantai 1) dan juga di marketplace.

3. Price (Harga)

  

Produk ini dijual dengan harga pasar yang cukup terjangkau oleh anak sekolahan dan pekerja kantoran yakni mulai dari Rp 17.000 sampai Rp 18.500. 

4. Promotion (Promosi)
Cara promosi dari produk ini adalah dengan menggunakan media sosial sampai word of mouth. Dengan cara promosi ini dapat menghemat modal dalam membuka usaha dan meningkatkan jangkauan usaha dalam mempromosi produk ini, sehingga banyak orang dapat membeli produk ini.

5. People (Orang)

Kami selalu berusaha untuk memuaskan konsumen dalam hal pelayanan. Mulai dari cepat respon saat konsumen mengirim pesan pada kami, pelayanan yang ramah, dan pengiriman yang cepat (jika memesan secara online).

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)


Produk ini dibuat dengan beraneka ragam bentuk dan warna sehingga produk ini akan terlihat menarik oleh pembeli khususnya anak sekolahan.

7. Process (Proses)

Dimulai dari pemilihan supplier yang tepat agar harga lunch box dapat bersaing serta melakukan perawatan agar kualitas lunch box terjamin ketika dibeli.


Sekian analisis strategi pemasaran dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, sampai jumpa.


REFERENSI:

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

https://greatnusa.com/artikel/analisa-swot-adalah/#:~:text=Analisis%20SWOT%20adalah%20metode%20untuk,strategis%20sebelum%20menjalankan%20aktivitas%20bisnis.

https://www.topkarir.com/article/detail/stp-adalah-segmentation-targeting-dan-positioning-ini-cara-menerapkannya

https://pasla.jambiprov.go.id/apa-itu-stp-marketing-penerapan-manfaat-metode-dan-contoh/#:~:text=Manfaat%20STP%20Marketing&text=Mengidentifikasi%20potensi%20pertumbuhan%20pasar%20melalui,Marketing%20Investment%20yang%20lebih%20besar.

https://www.niagahoster.co.id/blog/marketing-mix/


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA SOSIAL

Buyer Persona